Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

TINJAUAN KURIKULUM

Sehubungan dengan rencana pembukaan konsentrasi bidang perkebunan kelapa sawit dibawah Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian UWGM, dan berdasarkan hasil diskusi dengan berbagai pihak seperti GAPKI dan PPKS Medan, maka Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian UWGM telah menyiapkan SDM untuk tenaga pengajar. Sebagaimana yang direncanakan bahwa untuk jangka pendek tenaga pengajar dapat berasal dari kalangan professional bidang perkebunan kelapa sawit dan Dosen Tetap Fakultas Pertanian UWGM. 

Selanjutnya dilakukan rapat tinjauan kurikulum sebagai bentuk pelaksanaan grand strategy Fakultas Pertanian terkait perluasan daya tampung dan diversifikasi pendidikan yang ditujukan untuk menyediakan alternatif pilihan bagi masyarakat untuk mengikuti pendidikan di Fakultas Pertanian, maka Jurusan Agroteknologi sedang mempersiapkan pendirian konsentrasi budidaya kelapa sawit. Terkait hal tersebut pada tanggal 5 Maret 2018 diselenggarakan Rapat Kerja Penyusunan Kurikulum berbasis capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dalam SNPT DIKTI dan juga oleh praktisi GAPKI serta mengakomodir visi., misi dan tujuan PS.

Pada Raker Kurikulum ini, peserta terdiri dari calon pengampu MK di jurusan Agroteknologi,  Selain itu pada raker ini juga mengundang  Ir. Azmal Ridwan dari GAPKI Kaltim yang memaparkan materi Manajemen Kebun di lingkungan Universtas Widya Gama Mahakam. diharapkan dapat memperkaya informasi yang sudah ada terkait kemampuan yang diharapkan dari seorang lulusan S1 Agroteknologi.

Raker ini diharapkan dapat menghasilkan blue print kurikulum berupa penjabaran capaian pembelajaran menjadi bahan kajian. Selanjutnya hasil dari raker ini akan ditindaklanjuti dengan memetakan mata kuliah, penetapa metode pembelajaran dan RPKPS.

by admin_vivafaperta